Tuesday, January 24, 2012

Sulit Menyusui karena Puting Tidak Keluar

TANYA :
Saya mau bertanya apakah puting susu yang datar (tidak keluar) bisa dikeluarkan? Bagaimana caranya? Saya mengalami kesulitan dalam menyusui dikarenakan putingnya tidak keluar sehingga produksi ASI juga sedikit. Bila saya pompa hanya menghasilkan beberapa tetes saja?Apakah yang harus saya lakukan supaya nanti saat saya menyusui, produksi ASI bisa banyak? Terima kasih, dan mohon penjelasannya.
(Febie, 31, Jakarta)

JAWAB :
Puting susu yang datar sering kali menjadi tantangan bagi ibu yang ingin menyusui bayinya karena bayi sering kali mengalami kesulitan menyusu langsung. Meskipun demikian, produksi ASI tidak terpengaruhi oleh bentuk puting ibu karena ASI diproduksi oleh kelenjar payudara.
Lalu bagaimana jika ibu ingin menyusui dengan kondisi puting yang datar ingin menyusui bayinya? Ternyata, puting yang datar bukan halangan bagi ibu yang ingin menyusui, karena bayi menyusu pada areola (bagian gelap pada payudara) bukan pada puting saja.
Dengan cara memegang payudara seperti huruf C (jempol di atas areola dan 4 jari lainnya menopang bagian bawah payudara) maka ibu dapat membentuk payudara sedemikian rupa sehingga bayi bisa memasukkan payudara ke dalam mulutnya dan menyusu dengan baik.
Ada baiknya cara ini dipelajari saat hamil, kemudian diikuti dengan Inisiasi Menyusu Dini saat bersalin serta rawat gabung, sehingga memungkinkan bayi menyusu sesering mungkin dan mendapatkan ASI sesuai kebutuhan bayi.

No comments:

Post a Comment

Enter your email address

Jika Sobat menyukai artikel Blog ini, masukan alamat email Sobat untuk mendapatkan posting terbaru dari saya langsung ke email sobat.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Penghasilan Saya Rp 28 Juta/bulan, Modal 105.000, Gabung Sekarang juga!
Mau Sukses Bisnis Online di Internet? Harus tau caranya. Segera gabung disini...
Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Please Bantu Saya, Like This !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget